Mengatasi Perilaku Anak Yang Bossy




Banyak anak bertingkah layaknya seperti bos atau suka memerintah yang dilakukannya kepada orangtua, kakak atau teman sebayanya. Meskipun terlihat alami dan jujur, tapi perilaku yang suka memerintah (bossy) ini tidak bisa ditoleransi.

Beberapa anak memang ada yang terlahir dengan memiliki kepribadian yang kuat, bukan karena didikan orangtua tapi memang dasar dari anak tersebut. Perilaku yang suka memerintah bisa jadi merupakan refleksi dari kepribadian yang kuat tersebut.

Jika sifat yang suka memerintah sudah ada sejak kecil, maka akan terbawa terus hingga sang anak memasuki usia sekolah. Ketika bersekolah anak berusaha untuk mencari teman, namun jika sifat tersebut tidak berubah maka anak akan mengalami kesusahan untuk bisa mendapatkan teman. Dan hal ini bisa memicu anak melakukan kekerasan agar bisa mendapat perhatian atau bisa diterima.


Memiliki anak yang suka memerintah bukanlah akhir dari segalanya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang suka memerintah, seperti dikutip dari Indiaparenting, Jumat (11/9/2009):

1. Jika anak berperilaku suka memerintah terhadap orangtua, teman atau orang yang lebih tua, jangan memberikan reaksi apapun baik tertawa ataupun memarahinya. Tetaplah tenang dan katakan padanya untuk mengulangi permintaannya dengan cara yang lebih sopan.

2. Jangan melakukan apapun untuknya jika anak meminta sesuatu. Ini penting agar anak mengerti bahwa dirinya bukanlah bos yang bisa memerintah orang sesuka hatinya, terutama kepada orangtua.

3. Mengawasi kegiatan sosialnya dengan bergabung bersama teman-teman dan orangtua lainnya.

4. Jika anak mau berbagi mainan dengan temannya secara sopan, berilah pujian atas perilaku baiknya tersebut.

5. Jika anak menunjukkan sikap suka memerintah di depan teman-temannya, maka beritahu dengan cara membisikkannya bukan memarahinya.

6. Jika anak tetap pada sikapnya setelah diperingati, jauhkan dia dari teman-temannya dan katakan bahwa orangtua akan membawanya pulang jika anak tidak berperilaku baik.

7. Mengajaknya permainan yang tidak kompetitif di rumah dan ajaklah anak untuk masuk pada salah satu tim olahraga.

8. Jika anak ditinggalkan oleh teman-temannya, jangan terlalu bersimpati. Sebaliknya cobalah untuk membantunya mengatasi kelakuan tersebut.

9. Cobalah untuk membuat anak terbuka terhadap orangtuanya, sehingga orangtua bisa mengetahui apa yang menjadi pemicu perilaku anak yang suka memerintah tersebut.



4 comments:

Dedot said...

anak tetanga ada yg kaya gini,asli bikin sebel liatnya,hehehe

Ekosulistio said...

Makasih tipsnya sob, tak simpen artikelnya buat aku pake nanti kl anaku gede, coz skrg masih bayi.

dek siti said...

hmmm .. saya jg sering bossy ama ortu , hiks saya anak durhaka yoo :'(

Anonymous said...

benar sekali, kadang2 karena terlalu sayang dengan anak prilaku anak menjadi manja dan suka menang sendiri, dan semua keinginannya harus dituruti. kalo menurut saya yang penting ada komunikai antara ortu dgn si anak. mantap artikelnya sob...sukses yaaa..

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf