Tips Aman Berkendara di Jalan Tol




Melaju di jalan bebas hambatan ( jalan tol ) memungkinkan para pengendara memacu kendaraan lebih cepat untuk segera tiba di tempat tujuan. Pada prinsipnya, prinsip aman berkendara adalah terletak pada diri pengemudi. Mulai dari kesiapan diri dan kendaraannya. Namun, ada beberapa faktor yang patut disimak yang membuat pengemudi nyaris mengabaikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Beberapa tips di bawah ini, mungkin dapat menambah isi kotak informasi Anda, tentang “Tips Aman Berkendara di Jalan Tol” :


1. Periksa Kondisi Kendaraan

Memeriksa kondisi kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan. Periksa kondisi ban dan tekanannya, sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Periksa pula kondisi oil, air radiator, minyak rem, power steering, serta air untuk wiper. Pastikan semuanya dalam kondisi baik. Jangan lupa mengenakan sabuk pengaman, baik pengemudi maupun penumpang. Aturlah posisi mengemudi yang benar dan nyaman. Periksa pula fungsi – fungsi lampu, spion, dan indikator pada dashboard.

2. Patuhi Batas Kecepatan

Dalam kondisi normal, patuhi batas kecepatan minimum 60 km/jam (kmpj) dan maksimim 100 km/jam (kmpj) agar tingkat kecepatan saat berkendara tidak jauh berbeda dengan kendaraan lainnya. Bahaya akan selalu mengintai jika berada pada kecepatan yang jauh berbeda dengan kendaraan lainnya.

3. Jaga Jarak Aman

Jarak aman ideal kendaraan dengan kendaraan di depannya adalah tiga detik (3s). Mulailah dengan menentukan patokan di sepanjang jalan yang mudah terlihat dan tidak bergerak. Ketika mobil di depan melewati patokan tersebut, mulailah hitung dengan angka 1000-1, 1002-2, 1003-3. Pastikan mobil yang dikendarai melewati patokan tersebut tepat pada hitungan terkahir. Hitungan tepat, jarak aman ideal-pun didapat. Dalam kondisi basah atau hujan, jarak aman itu harus ditambah hinga lima detik (5s).

4. Jangan Gunakan Hazzard Saat Turun Hujan :

Menggunakan lampu Hazzard saat turun hujan lebih berbahaya dibandingkan dengan manfaat yang didapat. Saat Hazard digunakan, otomatis lampu sein tidak berfungsi dan bisa membahayakan kendaraan lain saat hendak berpindah jalur.

5. Hindari Gangguan

Konsentrasi berkendara di Jalan Tol sangat mutlak. Pengemudi sangat tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas lain seperti menelepon, atau bersenda gurau, dengan penumpang. Kuasai Arena Blind Spot dengan sesekali menengok ke sekilas ke kiri dan ke kanan.

6. Pentingnya Beristirahat

Beristirahat menjadi obat paling mujarab saat mengantuk atau kelelahan ( fatigue). Minuman kopi atau minuman berenergi tak bisa mengembalikan kelelahan atau menghilangkan rasa mengantuk. Manfaatkan rest area yang tersedia, pejamkan mata atau relaksasi sekitar 15 – 20 menit untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

[ Sumber Garda Oto ]





0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf