IPhone Merajai Platform Game







iPhone sepertinya bukan sembarang ponsel. Banyak orang menyebut iPhone dengan unik, misalnya sebuah iPod berlayar lebar, Personal Information Manager, Terminal Internet Bergerak, dan tentu yang lainnya. Belakangan ini, iPhone menjadi gudangnya game. Hal ini dibuktikan dengan dominasi iPhone di ajang Festival Game Independent di California Maret 2009 lalu.


Pada voting suara secara independen, iPhone dinobatkan sebagai raja platform pengembang game. iPhone menggeser posisi konsol game yang juga memberikan krasi kepada pengembang game lainnya, seperti Nintendo DS, atau Play Station Portable. Platform iPhone dan iPod yang dimenangkan adalah untuk kategori audio achievement dengan Firemint : Real Racing. Kategori art dengan game Fieldrunners dan kategori innovation in mobile game design untuk Galcon. Lalu kategori IGF mobile best game dengan Fieldrunners.

Pada 2008, iPone memang memperkenalkan software development kit. Ini merupakan update untuk iPhone dalam bentuk firmware 2.0 yang menghasilkan fitur tambahan, seperti kemampuan bermain game dan push mail atau push contact. Dengan mengusung tekhnologi 3D OpenGL, Apple mengundang sejumlah pengembang, termasuk EA ( Electronic Art ) dan Sega.

EA, misalnya memperkenalkan SPORE, yaitu salah satu game terbaru dari Will Wright, pencipta game Sim City dan Sims. Sedangkan Sega memperkenalkan game Super Monkey Ball untuk iPhone, game pertama yang muncul dalam konsol GameCube Nintendo. Kerja sama EA dan Sega bersama iphone ini, memacu para pengembang game lain membuat sebuah mobile game dengan design dan spesifikasi khusu agar layak diintegrasikan ke iPhone, antara Gameloft, yang mempersiapkan 15 game.

Para pengembang sangat tertarik, maklum, teknologi animasi pada iPhone OS memungkinkan mereka membuat game yang interaktif dan menarik. Selain itu, akselerometer bisa memberitahukan mode yang sedang digunakan, apakah landscape atau portrait, sehingga dapat mengganti posisi layar sesuai dengan yang diinginkan. Fitur Touchscreen Control juga mempermudah pengguna iPhone untuk bermain.

Penguna iPhone dapat memainkan game secara gratis, dengan memutakhirkan firmware dari 1.1.4 ke 2.0.2. Game – game tersebut, antara lain : A4 Driving Challenge, AutoMangie, Blue Skies, Burning Tires 3D, LightBike, Scroll Driver, Sol Free Solitaire, Toy Tanks 3D, Magic Coke Bottle, iBowl, dan iSniper. [ Sumber Koran Tempo ]




0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf