Cara Menambahkan Javascript Di BLog ( Iklan, Widget )


entu Anda sudah tahu cara menambahkan Gadget HTML / Javascript ke Blog. Namun sebagai tambahan ilmu bagi Anda yang mungkin masih Newbie di Ilmu Blogger seperti saya, mungkin masih bingung bagaimana meletakkan kode – kode / script untuk widget maupun iklan yang Anda inginkan muncul di Blog Anda. Misalnya, Jam, Kalender, maupun iklan – iklan Blog. Naah, Anda harus memasukkan kode – kode / script yang Anda dapat ke dalam bagian pengeditan Blog, Silahkan dibaca sampai selesai supaya Anda tidak bingung, selamat membaca !!!


1. Login ke Blogger

Hal utama untuk memasang widget, tentunya Anda harus memiliki Blog, dan sebelum Anda memasukkan kode – kode / script untuk widget – widget, Anda wajib Login ke Blogger Jangan sampai salah memasukkan alamat E-mail dan Password untuk masuk ke Account Anda, kalau tidak bisa Login, ya tentu saja Anda tidak bisa menambahkan Javascript dalam Blog Anda.

2. Klik Tata Letak / Edit Layout

Setelah Anda benar memasukkan data Account untuk Blog Anda, Anda akan menuju Dashboard atau Dasbor. Lalu, pilih Tata Letak / Edit Layout. Sebenarnya, untuk menuju ke Tata Letak / Edit Layout, tidak perlu dari dashboard, apabila Anda sudah Login sebelumnya, Anda juga bisa meng-klik Tata Letak / Edit Layout.

3. Klik Tambah Gadget

Naah, ketika Anda meng-klik Tambah Gadget, Anda juga akan di-gadgetkan ( maksudnya dikagetkan ) oleh tampilan Loading pada Windows baru. Tapi, jangan kaget lagi yaa setelah saya beri tahu.

4. Klik HTML / Javascript untuk Memasukkan Scriptnya

Setelah Loading Tambah Gadget selesai, pilih atau klik “HTML / Javascript” Untuk memasukkan kode – kode widget pilihan Anda. Dan tampilannya akan seperti ini :





Masukkan Script Widget yang sudah Anda persiapkan, tinggal Copy dan Paste saja dari sumbernya. Walaupun Anda juga bisa menulis / mengetik sendiri Script, misalnya dari buku. Setelah mengisi script-nya di tempatnya, Anda tinggal menuliskan nama Widget Anda, misalnya untuk Widget jam, Anda bisa menuliskan “JAM HARI INI”. Kalau sudah selesai, klik SIMPAN.

5. Atur Letak Widget yang baru Anda Simpan.

Maka, setelah Anda klik SIMPAN dan Loading selesai, maka Anda bisa mengatur letak / posisi widget Anda. Sebelum Anda mengatur, secara otomatis, script yang Anda simpan, widget-nya akan terletak di paling atas. Misalnya, sebagai contoh, yang dimasukkan adalah script untuk Chatting / Shoutmix yang diberi nama BUKU TAMU. Naah, secara otomatis, akan terletak di paling atas, terbukti berada di bawah tulisan Tambah Gadget.

Anda bisa memindahkan / meletakkan / menukarkan tempat dengan widget yang sudah ada. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan Drag and Drop. Lalu, kalau sudah seperti yang Anda inginkan “Tata Letaknya”, Klik “SIMPAN”

Selesai sudah Posting-an ini, silahkan diberi komentar.




5 comments:

Rahmat Muzarsyah said...

thank ya

UBASAPE said...

terimakasih ats infonya bos, sangat membantu sy sbg pemula, thnks so much, :)

Johan Sanjaya AP. said...

tERIMAKASIH iNFONYA, TAPI ADA SEDIKIT MASALAH DENGAN TATA LETAK PADA BLOG_KU KARENA KETIKA WIDGET SAYA DRAG DAN HENDAK DIGESER, WIDGET TETAP KEMBALI PADA POSISI SEMULA, PADAHAL SEBELUMNYA WIDGET TERSBUT BISA SAYA PINDAH-PINDAH. KIRA2 MASALAHNYA APA? TERUS MAU NANYA BAGAIMANA MEMBUAT LINK BLOG SAHABAT AGAR BERBENTUK TEKS SAJA BUKAN BANNER, KARENA BANNER SY RASA MENGHABISKAN RUANG. SEPERTI DAFTAR BLOG SAHABAT DI BLOG INI. TERIMA KASIH

Johan Sanjaya AP. said...

NAMBAH PERTANYAAN LAGI.. MAKLUM AKU BARU BELAJAR.. KALO GAG SALAH DENGER PAS AKU BUKA TIBA BLOG INI NGELUARIN SUARA SEPERTI UCAPAN SELAMAT DATANG.. CARANYA GIMANA TUH..? :D

ekokatrok said...

ho'oh.... betul....

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf