Berhenti Merokok di Bulan Ramadhan




Sebagai perokok aktif, di Bulan Ramadhan seperti sekarang, saya menyadari betul bagaimana rasanya lepas dari kegiatan merokok. Mungkin banyak para perokok aktif yang pada hari-hari awal Bulan Ramadhan merasa kesulitan terlepas dari pengaruh asap rokok. Mulai dari pusing, merasa malas, atau efek lain. Walaupun mungkin ada yang beranggapan bahwa meskipun sedang puasa, aktivitas merokok tidak membatalkan puasa. Namun saya berkeyakinan sebaliknya, justru di Bulan Ramadhan inilah saya bisa belajar terlepas dari siksaan asap rokok.


Ibadah puasa yang dimulai setelah sahur sampai waktu berbuka tiba tentu saja terasa begitu lama bagi para perokok yang ingin menghisap rokoknya. Untuk itu, kegiatan seperti membaca buku, mendengarkan musik, browsing Internet, atau beribadah di waktu sedang menjalankan puasa saya rasa bisa membantu mengatasinya. Jujur saja saya belum berniat berhenti merokok meskipun di saat puasa saya tidak merokok. Semoga dengan berkurangnya aktivitas merokok sebulan ke depan akan mengubah pola pikir saya tentang merokok.

Sebenarnya rokok mengandung sekitar 4000 zat kimia yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Seperti nikotin sifatnya adiktif, tar yang bersifat karsinogenik dan formalin. Para perokok yang sudah kecanduan tentu saja akan mengabaikan hal ini, sebab pengaruh asap rokok yang begitu kuat. Nah, bagi pembaca yang perokok aktif, momentum Bulan Ramadhan tahun ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk berhenti merokok sepenuhnya. Terutama bagi Umat Muslim, karena saat berpuasa, tentu saja akan meninggalkan aktivitas merokok.

Kata kunci : Berniat Berhenti Merokok - Momentum Bulan Ramadhan - Berhenti Merokok di Bulan Puasa



2 comments:

daddydee said...

ada baik nya kalau terus berhenti sepenuhnya...heheheh

Aku pengembara said...

inilah masanya :)

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf