Poltabes Solo Diubah Menjadi Polresta




Solo - Kepolisian Kota Besar Solo (Poltabes Solo) kini sudah berganti nama menjadi Kepolisian Resor Kota Surakarta (Polresta Surakarta). Perubahan nama struktur komando Kepolisian Republik Indonesia ini berlaku sejak Agustus 2010 lalu. Perubahan namanyapun tidak diadakan upacara seremonial perihal pergantian nama, namun diharapkan akan tersosialisasi dengan sendirinya secara bertahap.


Perubahan nama ini merupakan tindak lanjut dari proses Likuidasi Polwil Surakarta yang melebur ke masing-masing daerah di Soloraya. Hal itu mengacu pada konsekuensi logis reformasi struktural Polri meningkatkan kinerja agar lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel maka diadakan likuidasi jajaran Polwil dan Polwiltabes (Polisi Wilayah dan Polisi Wilayah Kota Besar). Di seluruh Indonesia terdapat 21 Polwil dan Polwiltabes. Rinciannya terdiri dari 3 di Polda Sulawesi Selatan Barat, 5 di Polda Jawa Barat, 6 di Polda Jateng serta 7 di Polda Jatim.

Likuidasi di Polwil Surakarta secara resmi ditandai dengan Berita Acara Penyerahan Aset antara Kapolwil Surakarta Kombes Pol Erry Subagyo dengan Kapoltabes Solo Kombes Pol Joko Irwanto di halaman Mapolwil Surakarta, Jl. Slamet Riyadi Solo, Senin, 1 Maret 2010.

Penghapusan satuan wilayah tersebut bukan berarti tanpa dampak. Positifnya, akan terjadi perampingan struktur dan optimalisasi fungsi Polri, sesuai wilayah pelayanannya. Namun di sisi lain akan muncul berbagai persolan penempatan personel dari Polwil dan Polwiltabes yang dihapus ke tempat kerja baru. Kemudian penumpukan tugas baru di polda akibat likuidasi Polwil dan Polwiltabes di jajaran polda tersebut. Kemudian, kemungkinan konflik kejiwaan pejabat lama Polwil dan Polwiltabes yang di-nonjobkan di tempat tugas baru.

Tags : Poltabes Solo diganti - Poltabes Surakarta diubah - Poltabes berganti nama - Likuidasi Polwil



0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf