Ponsel Samsung GT E1107 Bertenaga Surya




Rupanya semboyan ramah lingkungan juga disemboyankan oleh vendor ponsel terkemuka, Samsung, terbukti diluncurkannya Ponsel bertenaga surya, Samsung GT E1107. Tampilan ponsel ini sepintas tampak seperti ponsel low-end, telihat dari desainnya yang sederhana. Balutan cover berwarna kombinasi warna hitam dan abu – abu memperlihatkan suasana “dark”. Keypadnya terbuat dari karet, dan di sebelah atas layar 1,5 inchinya terdapat simbol matahari terbit bertuliskan SOLAR.



Di bagian depan ponsel, terlihat profil ponsel yang hanya standar, namun bila dilihat bagian belakangnya, sebuah panel surya memenuhi punggung ponsel ini. Panel inilah yang menyerap energi matahari dan akan langsung menyimpannya pada baterai ponsel. Namun, panel surya ini berfungsi sebagai cadangan tenaga baterai, bukan primernya.

Sumber tenaga utama ponsel ini tetap saja berasal dari listrik, yang dipasok dari travel charger. Sumbangan energi matahari adalah untuk memasok tenaga baterai ponsel ketika keadaan darurat. Bisa pada saat melakukan panggilan telepon yang singkat saat baterai benar – benar habis.

Daya serap tenaga matahari pada ponsel ini 80 ribu lux pada penyinaran selama 1 jam. Daya 80 ribu lux hanya mampu menopang tenaga baterai untuk melakukan panggilan selama 5 – 10 menit. Artinya, untuk melakukan panggilan 5-10 menit, Anda perlu menjemur Samsung GT E1107 ini di bawah terik matahari selama 1 jam. Bila dipikir ulang, terasa membuang waktu.

Walaupun demikian, Anda yang berniat membeli Ponsel ini, bisa terhibur dengan fitur radio FM-nya. Bahkan, ponsel inipun bisa berfungsi sebagai alat penerang bila diperlukan, misalny saat keadaan gelap. Cukup menekan tombol arah atas selama beberapa saat pada waktu ponsel keadaan idle.

Sebagai tambahan, Samsung menyertakan fitur Mobile Tracker 2.0. Fitur ini adalah pelacak ponsel apabila hilang atau dicuri orang. Cara kerjanya, bila pencuri mencoba menggunakan ponsel yang hilang ini atau mengganti kartu SIM, ponsel akan mengirimkan pesan pelacakan preset pada keluarga atau teman yang sudah diatur sebelumnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, bisa dilakukan dengan cara menuju Pengaturan, pilih Pengaman. Pada Mobile Tracker 2.0. tekan tombol konfirmasi, lalu memasukkkan kata sandi baru, dan jangan lupa tekan OK.

Ponsel yang nampak trendy ini dipasarkan dengan harga 1,5 jutaan. Meskipun harganya mungkin terlalu besar, dengan fitur ponsel yang sedemikian rupa,, inovasinyalah yang mengagumkan. Dengan kemampuan panel surya yang mungkin hanya kecil ini, besar kemungkinan vendor Samsung semakin meningkatkan produktivitas panel surya itu sendiri. Bahkan, bila memungkinkan, tak khayal bila nantinya benar – benar tidak ada pengisian energi baterai dengan listrik, cukup dengan panel surya.

Tags : Handphone bertenaga matahari, Ponsel Low End Ramah Lingkungan, Samsung GTE1107 Ponsel Energi Mentari.



0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf