Western Digital Meluncurkan Hard Disk 1 TB


Bagi pengguna Laptop, bersiap – siaplah meninggalkan kapasitas penyimpanan Hard Disk. Western Digital telah mengumumkan sepasang Hard Disk Drive berkapasitas raksasa yang diberi nama Scorpio Blue. Model pertama berkapasitas 1 Terabyte (TB) dan yang kedua 750 Gigabyte (GB).

Dengan begitu, kapasitas penyimpanan Hard Disk pada Laptop kian mendekati kapasitas penyimpanan Hard Disk pada komputer desktop. Pada komputer desktop, kapasitas terbesar saat ini adalah 2 Terabyte (TB). Sedangkan pada laptop, yang terbesar saat ini adalah 500 GB.


Masalahnya, Hard Disk Drive itu berukuran tebal 12,5 milimeter, jauh lebih besar dari Hard Disk Drive 9,5 milimeter yang biasa dipakai saat ini, meski keduanya sama – sama drive 2,5 inchi. Artinya, Hard Disk Drive itu tidak bisa dipasangkan ke slot drive 2,5 inchi pada laptop yang ada saat ini.

Drive ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti WhisperDrive, untuk kinerja yang tak berisik dan SecurePark, untuk memarkir head perekam dari permukaan cakram yang memutar tidak normal atau pada keadaan diam. Keduanya juga memiliki buffer memory 8 MB dan kecepatan 5.200 rpm. Memang sedikit lebih lambat ketimbang drive laptop mainstream yang mencapai 5.400 rpm.

Persoalan itu tertutupi oleh harganya yang lebih murah. Drive berkapasitas 750 GB dibanderol US $ 190, sedangkan yang berkapasitas 1 TB berharga US $ 250.



1 comment

herry said...

yap ... cuma ksh info saja bahwa sbulan lalu sy pake (beli)B WD 1T harganya sdh rp. 1.050.000. (sdh murah tuh) tdk perlu cd instal(otomatis)mesinnya lumayan silent, HANYA SAJA tetep mesti ada power untuk hardisk ini, mudah2an dalam waktu dekat (tdk lbh 1 thn)sdh diciptakan hardisk ekstern port 1T tanpa kabel power (hanya ada 500gb dipasaran dg harga 720rb (all WD product) ....

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf