Tulang Ditemukan di Bawah Altar Basilika


Sebuah pecahan tulang ditemukan di dalam kompleks kubur kuno di bawah tanah, tepat di bawah altar Basilika Santo Paulus, Roma dalam pertengahan 2009. Pecahan tulang itu memberikan konfirmasi atas tradisi religius yang meyakini bahwa basilika itu memanglah rumah jasad Paulus, Rasul Yesus. Paulus bersama Petrus dianggap sebagai misionaris perintis terbesar umat Kristen. Menyebarkan ajaran – ajaran Yesus di sepanjang perjalanannya ke Damaskus. Paulus memperkenalkan Tuhan kepada Bangsa Yunani dan Romawi, yang menyembah berhala. Ia lalu mengakhiri hidupnya sebagai martir di Roma sekitar tahun 65.


Tradisi Kristen meyakini bahwa Santo Paulus dikubur bersama Santo Petrus dalam sebuah Catacomb (kompleks pemakaman bawah tanah) di Via Appia sebelum dipindahkan ke basilika yang digunakan untuk mengenang karya – karya dalam hidupnya. Selama berabad – abad, dipercayai bahwa jasad itu terkubur tepat di altar.

Namun, arkeolog Vatikan baru saja menerapkan riset ilmiah terhadap tradisi religius itu pada tahun 2006 ketika ditemukan sebuah sorkafagus batu di sana. Mereka mengebor lubang kecil di sana untuk mengintip interiornya. Dari sanalah lalu terungkap sisa – sisa kain linen ungu berlapis emas murni yang sangat berharga serta butiran – butiran dupa merah dan jejak protein, pun batu kapur.

Pengumuman temuan – temuan itu bertepatan dengan berita temuan yang diyakini sebagai gambar tertua yang menunjuk keberadaan Santo Paulus. Gambar yang berasal dari abad ke-4 pada dinding catacomb lainnya di bawah Roma itu berupa wajah seorang pria dengan janggut hitam dan dahi berkerut dalam sebuah lingkaran halo kuning terang.



2 comments:

tips internet said...

terima kasih bos atas kunjungannya,...

Muspirah Djalal said...

:) kunjungi balik yah www.muspirahdjalal.blogspot.com

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf