Surganya Rekreasi Air





Dari sekian banyak fasilitas yang tersedia di Pulau Dewata, Bali, olahraga air (water sport) kini semakin digemari para wisatawan. Mulai dari parasailing, banana boat, flying fish, jet sky, snorkeling, diving, sea walker, hingga rekreasi melihat kehidupan bawah laut dengan kapal selam. Ada beberapa lokasi yang menjadi surga kegiatan olahraga air tersebut. Di antaranya Tanjung Benoa, Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Dua, Padang Bay, Sanur, Gili Tepekong, Cemetuk, Tulamben, Menjangan Island, dan sederet nama lainnya.

Tanjung Benoa yang terletak di sebelah utara Nusa Dua, termasuk salah satu kawasan yang cukup lengkap fasilitas olahraga airnya. Tanjung ini menjadi pusat wisata dan pusat permainan air, karena lautnya yang tenang, tidak seperti Pantai Kuta, Sanur, atau Uluwatu. Di sini tersedia pula pelabuhan feri ke Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Penida.


Untuk mencoba aktivitas air, memang membutuhkan nyali yang besar. Bagi yang tidak dapat berenang dan takut ketinggian, disarankan untuk tidak mencobanya. Contohnya parasailing, olahraga ini menggabungkan terjun payung dan berlayar, dengan sebuah parasut dan dua buah tali kekang, yang ujungnya dikaitkan di sebuah speed boat yang menarik dengan kecepatan tinggi. Ketika badan terangkat sampai ketinggian sekitar lebih dari 100 m (seratus meter) inilah dibutuhkan keberanian tersendiri.

Nusa Penida dan Nusa Lembongan, yang ada di bagian selatan Pulau Bali, juga menawarkan pesona keindahan laut. Di sana tersedia paket tur dengan kapal pesiar, seperti Quicksilver Cruise, Bali Bounty Cruise, atau Bali Hai Cruise, baik paket day cruise maupun sunset dinner. Sedangkan Nusa Lembongan merupakan tempat diving dan snorkeling yang paling oke. Soal keamanan tidak perlu diragukan lagi, karena hampir semua operator untuk olahraga tersebut mempunyai lisensi dari PADI ( Professional Association of Diving Instructors ).

Wisata yang paling cocok untuk seluruh keluarga, terutama jika mengajak anak – anak yang masih kecil, pilihannya adalah glass bottom boat. Yaitu berlayar dengan sebuah perahu yang berkaca bening untuk melihat akuarium bawah laut di Pantai Tanjung Benoa. Pilihan lainnya adalah melihat secara langsung kehidupan bawah laut dengan kapal selam bernama Odyssey. Program berkeliling di bawah laut selama 45 menit ini ada di daerah Labuan Amuk.

Bila ingin merasakan sensasi lain, cobalah sea walker, yaitu berjalan – jalan di dasar laut seperti berjalan di darat tanpa kesulitan bernafas, bahkan bagi yang tidak bisa berenang sekalipun. Hanya kepala saja yang terlindungi helm yang tidak tembus air. Selang akan mentransfer oksigen yang diperlukan. Lama waktu perjalanan ini sekitar 45 menit. Anda bisa bermain dengan ikan dan binatang laut lain yang melintas di sekeliling. Saat ini, kegiatan sea walker hanya ada satu tempat di Indonesia, yaitu di Sanur, Bali.

Jadi, selamat menikmati liburan, nikmati Bali dengan segala keindahannya dan olahraga baharinya. Irfan Madani Zukhruf

[ Sumber Koran Tempo ]



0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf