Tips Mengatasi Keluhan Tubuh




 

“Saya butuh istirahat”. Jika tubuh dapat berbicara layaknya manusia, barangkali keluhan itulah yang akan diucapkannya. Apalagi bagi Anda yang mungkin berprofesi sebagai pekerja kantor yang selalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan setiap harinya. Tidak heran jika terkadang badan terasa lemas dan tidak semangat beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin dapat Anda lakukan dan rutinitas-kan agar tetap semangat dan tidak mudah lelah di tempat kerja.


Pertama, jadikanlah malam sebagai waktu yang tepat untuk beristirahat

Setelah Anda bekerja seharian, tentunya Anda butuh hiburan. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih jalan – jalan, bahkan hingga tengah malam setelah pulang kantor. Jika hal ini dilakukan terus menerus, dapat mempengaruhi stamina di keesokan harinya. Oleh sebab itu, jika tidak ada urusan penting (malam hari), sebaiknya Anda langsung pulang ke rumah setelah pulang dari kantor, tentu saja untuk beristirahat.

Kedua, tidurlah yang cukup

Jumlah jam tidur yang ideal setiap harinya adalah delapan jam ( 8 Hours ). Nah, bagaimana kalau Anda termasuk orang susah tidur ??? Solusinya, Anda dapat membatasi minum kopi, sebab, kandungan kafeinnya dapat membuat insomnia.

Selain itu, mencobalah untuk tidak terlalu memikirkan berbagai macam persoalan. Memikirkan masalah sebelum tidur, jelas bukan hal yang disarankan untuk dilakukan. Sebab, alih – alih dapat cepat tidur dengan nyenyak. Bisa – bisa hanya akan merasa susah tidur atau mungkin dapat tidur namun dihantui mimpi buruk mengenai masalah tersebut. Jadi intinya, sebelum tidur Anda lupakan segala masalah dan Anda pikirkan hal – hal yang indah agar tidur Anda pulas dan bermimpi indah.

Ketiga, minum air yang cukup

Tentunya air yang saya maksud adalah air matang, bersih, dan mungkin mengandung gizi misalnya susu, sari kedelai. Dan lebih bagus bila cukup mengkonsumsi air putih. Salah satu penyebab tubuh lemas adalah karena kekurangan asupan air. Terkadang, karena bertubi – tubinya pekerjaan yang datang silih berganti, membuat Anda tidak sempat meminum air yang cukup. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda selalu menyediakan segelas air minum di samping meja kantor Anda. Jadi, setiap kali tubuh terasa lemas, tinggal meminum air tersebut dan kalau berwaktu luang dapat cuci muka agar tubuh kembali segar.

Keempat, jangan pernah melupakan waktu sarapan

Tentunya Anda dapat membedakan sarapan dengan jenis waktu makan yang lain, yakni makan di pagi hari, dan tentunya harus berbeda porsi. Bekerja dengan perut kosong bukanlah hal yang disarankan. Sebab, ketika beraktivitas, tubuh membutuhkan energi yang salah satunya bersumber dari makanan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk sarapan terlebih dahulu.

Kelima, biasakan gaya hidup sehat

Merokok adalah salah satu gaya hidup tidak sehat. Jadi, bagi Anda yang mungkin perokok biasa / aktif / berat, sebaiknya mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Selain itu, Anda sebaiknya membiasakan diri dan keluarga untuk berolahraga. Karena, kegiatan yang satu ini, akan mengurangi tekanan darah, melancarkan sirkulasi (peredaran) darah, menenangkan pikiran, dan memudahkan Anda tidur nyenyak dan tujuan utama menyehatkan tubuh.

[ Sumber Kompas ]





0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf