65 % “Pria Tukang Jajan” Tak Suka Memakai Kondom


Sebagian besar pria penyuka seks komersial, tidak menyukai pemakaian kondom saat melakukan hubungan intim / setubuh / sebadan / seksual. Menurut evaluasi Komisi Nasional AIDS Indonesia, hanya 35 persen pria yang “suka jajan” tersebut mau memakai kondom. “Kalau lelaki yang memakai kondom saat melakukan persetubuhan ilegal secara konsisten 60 persen saja, angka kasus baru AIDS akibat seks komersial ini akan turun drastis,” kata Sekretaris Komisi Nasional AIDS Nafsiah Mboi di Jakarta, Rabu 3 Juni 2009. Di tahun 2009, menurut data Komisi, hingga Bulan Maret 2009, tercatat ada 854 kasus AIDS baru. Sedangkan, hingga Juni 2009, jumlah kasus AIDS di Indonesia mencapai 16.964 kasus.


Kebiasaan tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual dengan wanita penjaja seks, menurut Nafsiah, ikut berperan dalam penularan HIV/AIDS. “Sebanyak 50 juta wanita di Asia yang terinfeksi HIV, berasal dari suami yang suka menjalani seks komersial”, katanya pula.

Pengidap HIV di Indonesia, didominasi oleh penularan lewat seks dan penggunaan bersama jarum suntik. Namun, sebaran kasusnya tidaklah merata. Di Surabaya, Jawa Timur, sekadar contoh, 48 % pengidap HIV diakibatkan penggunaan jarum suntik bersama. Sementara itu, di Sorong, Papua, 22 % pengidap HIV, justru dari wanita pekerja seks.

Ironisnya, selain pria penyuka seks komersial, menurut Nafsiah, pemakai obat- obatan terlarang ternyata sering berhubungan intim dengan dengan pekerja seks ( PSK ). Kombinasi tersebut, membuat penyebaran HIV semakin marak terjadi. Menurut Nafsiah, kajian pada tahun 2002, menunjukkan bahwa 80 persen pengguna obat terlarang di Surabaya berhubungan seks dengan pekerja seks. “Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan kota – kota lain di Asia, seperti Bangladesh, Bangkok, dan Jakarta,” katanya.

[ Sumber Koran Tempo ]



0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf