Tips Mudah Mengatasi Flu




Flu merupakan salah satu penyakit self-limiting, dimana apabila tidak terjadi komplikasi dengan penyakit lain, setelah empat sampai tujuh hari penyakit akan sembuh sendiri. Penyakit flu yang dalam kedokteran istilahnya influenza ini termasuk penyakit yang banyak dijumpai di masyarakat, terlebih ketika pancaroba (perubahan musim). Istilah flu sendiri seringkali digunakan sebagai istilah yang lazim dipakai untuk beberapa kondisi (yang serupa tapi tak sama) seperti rinitis alergi, selesma, dan influenza. Ketiga-tiganya mempunyai gejala yang tampak hampir sama, yaitu gangguan pada selaput lendir hidung, sehingga hidung menjadi mampat, bersin-bersin, atau mungkin pilek batuk. Akibat yang disebabkan oleh penyakit ini dirasakan sebagai gangguan yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.


Berikut ini langkah pertama yang bisa dilakukan ketika terserang flu :

1. Istirahat di tempat tidur dengan tenang. Pusatkan pikiran bahwa saya harus sembuh dari penyakit ini. Dengan demikian sistem imun tubuh mendapat energi positif dari pikiran yang positif pula.

2. Perbanyak konsumsi air putih. Anda juga mengetahui kan manfaat banyak mengkonsumsi air putih? Terlebih ketika sedang menderita flu.

3. Hindari konsumsi susu maupun produk olahannya. sebab, susu dapat mempertebal sekresi mukus (dahak) sehingga akan sulit dikeluarkan.

4. Apabila gejala flu tidak tertahankan, konsumsi obat flu yang dijual bebas. Telitilah membaca label, kandungan obat, efek samping, serta aturan pakai yang tertera pada kemasannya.

5. Jika gejala semakin memburuk dalam waktu 72 jam atau lebih, juga disertai batuk yang tidak mau reda, segera hubungi dokter.

Berikut ini yang bisa dikonsumsi untuk menangkis flu :

1. Vitamin C

Vitamin C membantu penderita flu mengurangi rasa tidak enak badan karena bekerja sebagai antioksidan (menegah radikal bebas dalam tubuh dan menghancurkannya).

2. Sup ayam

Masakan ini berperan meningkatkan imunitas tubuh, juga membantu membersihkan mukus (dahak) dari saluran pernapasan dan menghilangkan bulion yang mengandung substansi pembawa virus pilek. Jika disajikan dalam keadaan hangat, uap yang dihasilkan dapat berfungsi mengatasi sesak napas.

3. Daging rebus

Makanan ini kaya akan seng dan mineral lain yang dapat merangsang beroperasinya sistem kekebalan tubuh.

4. Buah sitrun dan jus buah-buahan

Buah dan jus tersebut memiliki efek antihistamin (antialergi) ketika dikonsumsi.

5. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu melawan virus sehingga mengurangi gejala flu, mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peluang terjangkitnya virus lain untuk datang. Juga bersifat antivirus sehingga dapat berperan sebagai pencegah infeksi alami. Manfaat bawang putih tidak berkurang meskipun dimasak.

Kita bisa bernafas lega, sebab penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya bila gejalanya tidak parah dan tidak menimbulkan komplikasi. Syarat utamanya adalah, istirahat dan mengkonsumsi berbagai bahan makanan dan obat yang sesuai.

Tips menghindari flu - Tips mengatasi dan mencegah flu - tips mengatasi influenza



11 comments:

Saiful Arifin said...

saya pernah makan bawang putih atas saran teman-teman pas kondisi tubuh drop akibat flu, rasanya memang tidak enak dan getar tapi, sungguh luar biasa, meski keringat akhirnya bau bawang tapi tubuh lumayan fit keesokan harinya. Makasih tambahan infonya :-)

hantu lab. said...

tolong jgn lupa follow blog me di www.master-blog-lamongan.blogspot.com :)]

SAKELEBAT INFO said...

tipnya oke bro

sekelebat info said...

info kdhatan

Obat Herbal Asma said...

artikel yang beguna gan ... thank

Jual Obat Rematik said...

tips sehat dan bermanfaat ..

Obat Herbal Tiroid said...

Ditunggu artikel kesehatan lainnya,sukses terus y gan ..

Cara Alami Sembuhkan Gagal Ginjal said...

infonya bagus gan sangat bermanfaat sekali..

Obat Herbal Diabetes said...

makasih buat tipsnya,,,

Obat Herbal Kanker Rahim said...

makasih informasinya,,,

asri said...

terimakassih gan atas tips nya

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf