Berbagai Kelebihan Susu Unta




Tahukah Anda, bahwa susu unta jauh lebih bergizi bila dibandingkan dengan susu sapi. Sebab susu unta mengandung sedikit lemak dan kolesterol, dan kaya dengan zat besi, potassium, dan mineral. Hal tersebut tertuang dalam satu dokumen yang disajikan pada Konferensi Ke-5 Keselamatan Makanan Internasional di Dubai, yang terselenggara pada 22 – 25 Februari 2010 di Dubai International Convention and Exhibition Center.

Susu dari unta yang menjadi bagian penting dalam tradisi dan kebudayaan Arab ini menjadi komponen makanan penting di Emirat dan negara lain Arab. Susu unta biasanya memiliki rasa manis dan tajam, namun terkadang susu itu terasa asin dan bahkan pada saat yang lain terasa berair.


Kualitas dari susu hewan yang jumlahnya sekitar 18 juta ekor di dunia ini, dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya, jumlah anak unta, usia hewan tersebut, kadar hewan itu menyusui anak, kualitas dan jumlah makanan, serta jumlah air yang tersedia.

Susu unta adalah sumber protein yang berlimpah dengan kegiatan perlindungan dan potensi anti-mikroba. Sebagian protein itu, tidak dapat ditemukan pada susu sapi, atau, ditemukan hanya sedikit. Susu unta tidak perlu dimasak hingga mendidih layaknya susu kambing atau sapi sebelum dionsumsi. Susu unta yang kaya akan rasa ini, sebaiknya diminum secara perlahan, untuk memungkinkan perut mencernanya.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa kandungan lemak per unit susu unta adalah 1,8 % - 3,8 %. Vitamin C dan Niacin yang terkandung lebih tinggi pada susu unta dibanding susu sapi. Namun, susu unta berisi lebih sedikit Vitamin A, B2, Folic Acid, dan Panthontenic Acid.

Pengkonsumsian susu unta mentah – mentah, atau tidak dimasak terlebih dahulu, dapat mengakibatkan terkena bakteri brucellosis. Bateri ini menular ke manusia melalui produk susu yang tidak diolah terlebih dahulu. Kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi dan pencemaran lingkungan melalui darah hewan itu dan jaringan yang terinfeksi juga dapat mengakibatkan brucellosis.

Kelebihan lain dari susu unta adalah memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan jenis susu lain, sebab, adanya beberapa susunan khusus dan kuat. Nilai Lactoferrin dan Immunoglobulin diperkirakan agak lebih tinggi pada susu unta dibandingkan dengan yang dilaporkan pada susu sapi.

Tags : Susu Unta Lebih Bergizi Dibandingkan Susu Sapi - Rahasia Susu Onta - Khasiat Susu Unta - Kandungan Gizi Susu Unta Kalahkan Susu Sapi



6 comments:

Fortune site said...

Berkunjung sob, hrpan kita bisa bertukar link nih... thanks kesediaan nya !

jasmine said...

maksh buat info nya ka,izin blogwalking ya

Solusi Terbaik said...

Akses internet kamu dengan cepat dan murah

malphy said...

wah,keren bro web-nya,salut-salut2!!!
Thx buat Informasinya ya...
btw,boleh nanya bro?gmn cara ningkatin PR ya?bagi2 infonya ya bro.thx

kiki said...

Baru tahu susu unta dikonsumsi juga.

Surga Kenari said...

saya dengar2 kalo susu onta ga boleh di awetkan yah? langsung abis hari itu juga?

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf