SNMPTN Akan Dihapuskan




Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi diharapkan dapat dihapus pada tahun 2012, karena seleksi masuk perguruan tinggi negeri diintegrasikan dengan ujian nasional. Namun, sebelum pola ini diterapkan, pelaksanaan Ujian Nasional haruslah dibenahi dulu. Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, awal November 2009, saat menyampaikan "Program 100 Hari Menteri Pendidikan Nasional" mengatakan, polemik masalah UN ini tidak akan pernah kelar. Selalu saja ada pro dan kontra.

Mendiknas mengungkapkan, daripada membahas perbedaan pandangan, akan jauh lebih baik jika berkonsentrasi pada upaya membuat UN lebih baik dan dapat dipercaya. Untuk menjamin hasil Ujian Nasional dapat menjadi bahan penilaian ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia akan terlibat aktif sejak awal penyusunan soal, pengawasan, hingga evaluasi pelaksanaan UN. Kehadiran PTN pada dasarnya ikut melengkapi dan menyempurnakan proses UN sehingga tak ada lagi kecurangan – kecurangan. Mendiknas melanjutkan, jika hasil UN tidak bisa dipercaya, tidak ada lagi alasan bagi PTN untuk menolak integrasi ini.


Jika hasil UN tidak bisa dipercaya, kemungkinan besar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dihapuskan pada tahun 2012. Namun, ketua umum SNMPTN 2009, Haris Supratno menegaskan bahwa SNMPTN tidak bisa langsung hilang, tetapi akan dilakukan bertahap.

Haris yang juga menjadi rektor Universitas Negeri Surabaya ini, menambahkan, berharap pelaksanaan UN dibenahi dulu, harapannya 2010 hasil UN, khusunya SMA, dapat dipercaya, tentu tidak ada alasan untuk menunggu sampai tahun 2012. Lebih cepat lebih baik menurutnya.

Wacana integritas sistem pendidikan ini sudah disosialisasikan sejak 2008 dan kalangan rektor PTN telah sepakat melaksanakan “bebas SNMPTN 2012”. Untuk mencapai target itu, rektor PTN di seluruh Indonesia akan mengawasi titik – titik rawan kecurangan, seperti pencetakan hingga distribusi soal. Selain itu, para rektor pun akan membantu guru membuat soal – soal UN.

Tags : Artikel tentang SNMPTN, Akankah SNMPTN dihilangkan, Masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa SNMPTN.








4 comments:

masdani said...

memang saat ini dibutuhkan suatu terobosan baru di dalam aplikasi program yg dapat meningkatkan mutu pendidikan di negara ini, karena itu marilah kita dukung program dari Bpk Menteri Pendidikan kita dalam mensosialisasikan Program 100 hari Menteri Pendidikan Nasional, mari..

aan said...

bagi saya apapun kemasanya kalau itu untuk meningkatkan mutu pendidikan ok2 saja..

ekosulistio said...

hmmm,seharusnya emang di hapus biara mudah masuknya he..he... ntar tergantung nilai UN ajah..

Bahauddin Amyasi said...

Ya, semoga masalah demi masalah dalam dunia pendidikan cepat teratasi dan menemukan solusi yang tepat...

Salam akrab....

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf