Berbagai Macam Internet Online Business ( Bisnis Internet )


Menjalankan online business dalam ranah maya sangatlah menarik, terutama karena investasi yang dibutuhkan relatif ringan dibandingkan dengan offline business, sementara jangkauannya relatif luas – manca negara. Bahkan kita tetap dapat berbisnis walaupun tidak memiliki produk.
Ada banyak jenis online business yang bisa kita jalankan. Di posting-an ini ( Thank you Batok Kuya ( Batok Kuya ) saya akan menyampaikan beberapa jenis online business yang paling banyak dijalankan namun berbeda dari offline business, antara lain :


Paid to click

Paid to click adalah online business yang paling mudah dan sederhana. Kalau anda sudah membaca tulisan di awal (online business bagi pemula) dan anda mencoba login ke situs yang disebutkan, online business ini termasuk dalam jenis paid to click. Kita dibayar hanya untuk mengklik situs iklan yang ada di situs utama.

Banyak orang mengatakan bahwa paid to click kurang menjanjikan. Tapi menurut saya, bagi seorang pemula yang sangat pemula, yang melihat online business sebagai hutan belantara, online business paid to click banyak manfaatnya. Dengan melihat iklan-iklan yang ditampilkan, kita bisa mengetahui materi/produk apa yang sering dipromosikan (yang berarti materi/produk tersebut banyak diminati), bagaimana tampilan situs mereka (menarik atau tidak), bagaimana script iklan mereka, dsb, dsb. Secara tidak sadar mindset kita akan terbentuk. Lumayan, sambil belajar, dibayar, apalagi kalau anda mengikuti program paid to click cukup banyak dan mau mengeluarkan sedikit dana untuk upgrade keanggotaan.

Paid Survey

Paid Survey salah satu online business yang juga sederhana dan umumnya untuk mendaftar secara gratis. Dengan mengikuti program Paid Survey kita menjadi responden dari situs pengelola survey. Setelah mendaftar, kita diminta mengisi beberapa data kemudian kita dibayar. Selanjutnya, setiap ada survey yang sesuai dengan profil kita, kita akan diundang melalui email untuk menjadi responden. Tugas kita hanyalah menjawab berbagai pertanyaan online yang tersedia, setelah selesai, dibayar.

Affiliate Program

Affiliate Program adalah suatu program yang ditawarkan kepada kita oleh pemilik barang atau penjual atau toko untuk ikut bergabung sebagai affiliate marketer, yaitu kita ikut memasarkan produk mereka dan kita mempunyai hak untuk menjualkan. Jika produk mereka yang kita pasarkan terjual, maka kita akan mendapat komisi. Jumlah komisi yang kita terima bervariasi, antara 5 – 70%.

Bagaimana mekanisme Affiliate Program ?

Mekanisme transaksi, pengiriman, pembayaran komisi, semua dilakukan secara computerized dan bukan menjadi tanggung jawab kita. Yang perlu kita lakukan sebagai affiliate adalah cukup mempromosikan produk mereka dan menarik konsumen untuk membeli.

Bagaimana mereka tahu bahwa kalau produk yang terjual dilakukan oleh kita? Setelah mendaftar sebagai affiliate, biasanya kita akan diberi ID yang mempunyai link ke situs mereka sehingga komputer bisa melacak dari ID mana asal suatu transaksi.

Apakah kita tidak dibohongi ? Penipuan bisa berlaku di dunia nyata maupun maya. Karena itu, kita juga harus berhati-hati untuk memilih penjual / toko / situs mana yang akan kita ikuti. Tetapi situs-situs besar seperti amazon atau e-bay atau situs-situs yang masuk dalam link saya ini, hingga saat ini kredibilitasnya cukup baik. Mereka sudah sangat besar dan sangat profesional sehingga nama baik menjadi taruhannya. Jadi, tidak perlu khawatir kita dibohongi.

Untuk belajar menjadi affiliate, coba anda daftar di situs paid to click ini, masuk menu AFFILIATE, isi data yang diminta, setelah selesai klik submit. Selanjutnya anda akan menerima email konfirmasi berupa ID link dengan URL yang berisi nama unik (ID) anda, biasanya berbentuk http://namasitus.com/?id=nama anda. Setelah itu promosikan link atau URL anda, ajak rekan-rekan untuk bergabung dan komisi anda akan bertambah.

Atau anda juga bisa mencoba menjadi affiliate marketer/reseller dari penjualan suatu produk. Silahkan klik disini untuk mendaftar, GRATIS koq. Lalu lakukan langkah-langkah seperti sebelumnya di program paid to click tadi. Cari menu AFFILIATE, isi data selengkapnya, lalu daftar.

Perlu diketahui, tidak semua affiliate program gratisan. Ada beberapa penjual yang mensyaratkan kita untuk membeli produk mereka terlebih dahulu, baru kita diberi hak untuk ikut menjual atau menjadi affiliate mereka. Biasanya produk yang dijual adalah informasi yang bisa kita gunakan untuk mendukung online business kita. Jadi, produknya pasti berguna untuk kita.

Publisher

Menjadi publisher setahap lebih jauh dari program online business yang dibahas sebelumnya. Namanya juga publisher, jelas kita dituntut untuk mempublikasikan sesuatu, yang dalam hal ini adalah iklan. Jadi kalau kita memilih online business sebagai publisher, tugas kita adalah mempublikasikan berbagai iklan.

Bagaimana mekanismenya ?
Secara sederhana mungkin bisa dijelaskan begini. Katakanlah saya mempunyai produk yang ingin dipasarkan dan dipromosikan (secara online melalui internet). Karena di internet ini terdapat jutaan situs, tidak mungkin saya meminta satu per satu kepada pemilik situs di internet untuk memasang iklan produk saya. Karena itu, saya pasti mencari agen iklan (advertiser) yang mempunyai jangkauan luas terhadap situs-situs di internet supaya iklan produk saya bisa terpasang di berbagai jutaan situs dan tentu saja saya harus membayar agen iklan tersebut. Salah satu advertiser besar di internet adalah google, yang mungkin selama ini kita mengenal google hanya sebagai mesin “pencari”. Dengan kemampuan teknologinya, ternyata google juga memanfaatkan internet untuk melakukan online business. Walau demikian, google tidak semena-mena dan seenaknya memasang iklan di situs kita. Karena itu, advertiser seperti google lalu menawarkan kepada pemilik situs untuk ikut menyebarkan berbagai iklan atau menjadi publisher iklan. Caranya adalah dengan memasang berbagai iklan atau banner di situs kita (para pemilik situs). Para pemilik situs inilah yang disebut publisher. Sebagai imbalannya, advertiser seperti google rela berbagi komisi dengan para publisher, yaitu membayar para publisher jika iklan di situs publisher ada yang mengklik. Program ini sering juga disebut Pay per Click (PPC). Online business pay per click (PPC) dari google dikenal sebagai google adsense. Enak ya, google pasangin iklan di situs kita, terus iklan kita di klik orang, terus kita dibayar oleh google.

Berapa kita dibayar dari setiap klik iklan yang dipasang di situs kita? Bervariasi, dari mulai hitungan sen $ hingga puluhan $. Coba kita hitung, kalau iklan di situs kita setiap hari ada yang mengklik 10 kali dan setiap klik dibayar $1, berarti penghasilan kita $10 per hari. Bayangkan kalau kita mempunyai 10 situs....!!!.

Di Indonesia juga sudah ada program semacam google adsense, antara lain Kumpulblogger , ppcindo, paneniklan, kliksaya dll.

Itulah beberapa jenis online business yang bisa kita ikuti tanpa kita harus mempunyai produk sendiri. Masih banyak jenis online business lain yang bisa kita ikuti.






0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Postingan saya, tapi jangan lupa untuk berkomentar. Silahkan berkomentar dengan tetap menjaga kesopanan, dan mohon jangan SPAM, terima kasih...

Dapatkan update artikel dari saya, langsung ke E-mail Anda. Gratisss !!! Cukup dengan memasukkan alamat E-mail Anda, lalu klik Subscribe, lalu Login ke Email Anda dan klik Link Verifikasi, mudah bukan ...

 
Blog Master Zukhruf dimiliki oleh Irfan Madani Zukhruf